Bravo 13
Keamanan Parkir Teras Samarinda Disorot, DPRD Minta Pengelolaan ProfesionalSetelah keluhan kehilangan helm di Teras Samarinda ramai dibahas, perhatian publik kini tertuju pada keamanan parkir dan pengelolaannya.
Oleh Puji Tri2 months ago
Keamanan Parkir Teras Samarinda Disorot, DPRD Minta Pengelolaan Profesional
Anggota DPRD Samarinda, Sani Bin Husain. (Dok Bravo13.id)

BRAVO13.ID, Samarinda - Keamanan area parkir Teras Samarinda kembali menjadi perhatian utama masyarakat, terutama setelah kasus kehilangan helm yang dialami sejumlah pengunjung mencuat di media sosial. Keluhan ini dengan cepat menyebar, memicu diskusi luas tentang pentingnya pengelolaan parkir yang lebih aman di salah satu ikon terbaru kota tersebut. Sorotan tajam pun datang dari berbagai pihak, termasuk anggota DPRD Samarinda, Sani Bin Husain, yang melihat persoalan ini sebagai tanda bahwa pengelolaan parkir di Teras Samarinda perlu peningkatan signifikan.

Bagi Sani, kejadian kehilangan helm hanyalah puncak dari isu yang lebih besar terkait keamanan parkir. Ia menegaskan bahwa masalah tersebut bukan hanya soal kehilangan barang, melainkan juga menyangkut kenyamanan dan kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas publik yang disediakan oleh Pemerintah Kota Samarinda. “Laporan kehilangan helm di area parkir yang disediakan oleh Pemkot Samarinda sudah ramai dibahas. Ke depannya, kami berharap penitipan helm bisa dikelola secara lebih profesional, melibatkan masyarakat setempat, sehingga keamanan dan kenyamanan pengunjung dapat meningkat,” ujar Sani dalam tanggapannya.

Pernyataan Sani mencerminkan kekhawatiran yang dirasakan banyak warga Samarinda. Di tengah pesatnya pembangunan fasilitas publik seperti Teras Samarinda, pengelolaan parkir yang aman menjadi salah satu indikator penting dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan ramah bagi pengunjung. Kehilangan helm mungkin terlihat sebagai masalah sepele, namun bagi masyarakat, peristiwa seperti ini bisa mengurangi minat mereka untuk mengunjungi tempat yang seharusnya menjadi kebanggaan kota.

Tidak hanya berhenti pada himbauan, Sani juga menyoroti langkah-langkah yang direncanakan oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Varia Niaga Samarinda selaku pengelola parkir. Menurutnya, Perumda sudah menyusun beberapa rencana konkret, termasuk pengembangan sistem parkir nontunai serta pemasangan gate parkir di area Teras Samarinda. Langkah ini diharapkan dapat menjadi solusi jangka panjang untuk meningkatkan keamanan kendaraan dan barang-barang milik pengunjung. "Jika sudah ada parking gate, Insya Allah pengunjung akan merasa lebih aman dan nyaman saat parkir di sini," tambahnya.

Direktur Perumda Varia Niaga, Syamsuddin Hamade, juga memberikan jaminan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memperbaiki sistem parkir di Teras Samarinda. Baginya, keamanan pengunjung menjadi prioritas utama, dan segala bentuk perbaikan akan dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang. "Kami ingin memastikan bahwa ke depan, keamanan akan semakin membaik. Jadi, masyarakat yang ingin parkir bisa merasa lebih tenang dan nyaman," ujar Syamsuddin.

Langkah-langkah strategis seperti pemasangan gate parkir dan sistem nontunai ini diharapkan dapat segera terealisasi dalam waktu dekat. Tidak hanya soal memberikan rasa aman, tetapi juga sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas layanan parkir di area yang menjadi wajah baru Samarinda ini. Pengunjung pun berharap, dengan adanya peningkatan sistem keamanan dan layanan, Teras Samarinda akan tetap menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk dikunjungi tanpa kekhawatiran akan kehilangan barang pribadi.

Seiring dengan pembangunan infrastruktur yang semakin modern, kebutuhan akan manajemen parkir yang andal dan terintegrasi menjadi lebih mendesak. Teras Samarinda, sebagai salah satu tempat yang kini menjadi magnet bagi warga lokal maupun pendatang, harus bisa menunjukkan bahwa fasilitas publik di kota ini tidak hanya megah, tapi juga memberikan rasa aman yang dibutuhkan oleh setiap pengunjung. (adv)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait