Bravo 13
Gempa 3,0 Magnitudo Guncang Banjarnegara, BMKG Imbau Warga Tetap TenangPagi tenang di Banjarnegara terusik oleh getaran gempa magnitudo 3,0. Meski guncangan terasa, tak ada kerusakan dilaporkan, warga diminta tetap tenang.
Oleh Handoko1 day ago
Gempa 3,0 Magnitudo Guncang Banjarnegara, BMKG Imbau Warga Tetap Tenang
Gempa 3,0 Magnitudo Guncang Banjarnegara, BMKG Imbau Warga Tetap Tenang. (Ilustrasi)

BRAVO13.ID, Samarinda - Pagi yang awalnya tenang di Banjarnegara mendadak berubah ketika gempa bumi berkekuatan 3,0 magnitudo mengguncang wilayah tersebut pada pukul 08.15 WIB, Selasa (17/9/2024). Meski tidak begitu kuat, getaran ini cukup terasa oleh sebagian warga yang tinggal di sekitar pusat gempa.

Menurut Kepala Stage BMKG Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo, gempa yang terjadi merupakan gempa tektonik yang dipicu oleh aktivitas sesar aktif di wilayah Banjarnegara. Episenter gempa terletak sekitar 16 kilometer di arah barat laut Banjarnegara, dengan kedalaman hiposenter yang dangkal, sehingga termasuk kategori gempa dangkal.

"Gempa pagi tadi memiliki magnitudo M 3,0," ungkap Hery. Ia menjelaskan, meskipun getaran dirasakan, belum ada laporan kerusakan berarti di wilayah tersebut. Guncangan hanya terasa ringan, cukup untuk menggoyang benda-benda kecil yang tergantung di rumah-rumah warga.

Hery juga menegaskan bahwa hingga saat ini, belum ada gempa susulan yang terdeteksi. Namun, BMKG tetap mengimbau warga untuk berhati-hati dan memastikan bangunan tempat tinggal mereka aman. "Warga diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Periksa kembali bangunan untuk memastikan tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan rumah," jelasnya.

Meskipun tidak ada kerusakan yang dilaporkan, kejadian gempa ini kembali mengingatkan bahwa Banjarnegara dan sekitarnya merupakan wilayah dengan aktivitas geologis yang tinggi, sehingga kewaspadaan selalu dibutuhkan. (*)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait