Bravo 13
Sekda Kukar Sunggono Apresiasi Semangat Integrasi dalam Kirab Canka LokanantaGemuruh genderang dan suling memecah keheningan kota Tenggarong. Ribuan pasang mata tertuju pada barisan peserta Latsitarda Nusantara XLIV/2024 yang berparade dengan gagah.
Oleh Handoko3 months ago
Sekda Kukar Sunggono Apresiasi Semangat Integrasi dalam Kirab Canka Lokananta
Atraksi Kirab Drumband Genderang Suling Canka Lokananta Latsitarda Nusantara XLIV/2024 memukau warga Tenggarong, Kukar, Minggu (12/5/2024). (kontributor bravo13.id)

BRAVO13.ID, Tenggarong - Tenggarong, Kota Raja yang tenang, mendadak bergemuruh oleh irama genderang dan suling yang menghentak. Ribuan pasang mata warga terpaku pada barisan peserta Latihan Integritas Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV/2024 yang berparade di jalanan protokol, Minggu (12/5/2024).

Dipimpin dua mayoret yang anggun, para taruna dan taruni dari berbagai akademi militer dan kepolisian menampilkan atraksi memukau. Kostum kepala harimau yang dikenakan penabuh drum menambah kesan garang dan enerjik. Sepanjang jalan KH Akhmad Muksin hingga Taman Titik Nol depan Museum Mulawarman, decak kagum dan tepuk tangan riuh mengiringi langkah mereka.

Kirab drumband ini bukan sekadar hiburan semata. Ia adalah simbol semangat integrasi dan pengabdian para calon pemimpin bangsa. Selama pelatihan di Kukar hingga 8 Juni, mereka akan berbaur dengan masyarakat, memahami kondisi wilayah, dan turut serta dalam pembangunan daerah.

"Momen ini memberikan kolaborasi antara pemda, TNI, Polri, dan para taruna-taruni akademi," ujar Dandim 0906/KKR Letkol CZI Damai Adi Setiawan. Ia berharap para peserta dapat menggali potensi Kukar sebagai mitra Ibu Kota Nusantara (IKN) dan lumbung pangan nasional.

Sekda Kukar Sunggono menambahkan, Latsitarda merupakan ajang pemantapan kemanunggalan TNI-Polri dengan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan dampak nyata bagi pembangunan daerah melalui program Karya Bakti.

"Selama pelaksanaan Latsitarda, bakal ada perbaikan rumah ibadah, pos Kamling, rumah tidak layak huni, pembersihan saluran air dan sungai, perbaikan jalan dan pavingisasi, pengaspalan jalan, pembuatan tugu latsitarda dan desa digital," jelas Sunggono.

Kirab drumband Canka Lokananta telah menjadi pembuka yang meriah bagi rangkaian kegiatan Latsitarda Nusantara XLIV/2024 di Kukar. Semangat integrasi dan pengabdian yang ditunjukkan para peserta diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat dan generasi muda. (adv)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait