Bravo 13
Bupati Edi Lepas 546 Calhaj Kukar, Daftar Tunggu Capai 31 TahunMasjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong dipenuhi haru biru. Ratusan calon haji asal Kutai Kartanegara siap memulai perjalanan spiritual mereka menuju Tanah Suci.
Oleh Handoko3 months ago
Bupati Edi Lepas 546 Calhaj Kukar, Daftar Tunggu Capai 31 Tahun
Pelepasan Calon Haji Kukar oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong, Jumat (10/5/2024). (kontributor bravo13.id)

BRAVO13.ID, Tenggarong - Suasana haru menyelimuti Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong saat 546 calon haji (calhaj) asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dilepas menuju tanah suci. Bupati Kukar, Edi Damansyah, memimpin langsung pelepasan ini, menandai dimulainya perjalanan spiritual yang telah dinanti-nantikan.

Dalam sambutannya, Bupati Edi Damansyah menekankan pentingnya pelayanan ekstra bagi para calhaj, terutama mereka yang berusia lanjut dan memiliki riwayat kesehatan. "Petugas haji harus menjadi sahabat bagi para jamaah, mendampingi dan memberikan edukasi agar mereka dapat beribadah dengan mandiri dan khusyuk," ujarnya, Jumat, 10 Mei 2024.

Ia mengakui bahwa jumlah petugas haji tahun ini tidak sebanding dengan jumlah jamaah, namun optimisme tetap terpancar. "Saya yakin dengan semangat dan dedikasi, para petugas akan memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu Allah," tambahnya.

Cuaca panas di Mekkah menjadi perhatian khusus. Bupati Edi Damansyah mengingatkan para calhaj untuk menjaga kesehatan dan mengikuti instruksi petugas demi kelancaran ibadah.

Doa dan harapan mengiringi langkah para calhaj. "Semoga perjalanan ini menjadi perjalanan yang penuh berkah, dan semua kembali ke Kukar dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur," tutup Bupati Edi Damansyah.

Kepala Seksi Panitia Pelaksana Haji Kukar, Norjali Achmad, menambahkan bahwa jumlah calhaj tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. "Ini menunjukkan antusiasme masyarakat Kukar yang tinggi untuk menunaikan ibadah haji," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa daftar tunggu haji saat ini mencapai 31 tahun. "Namun, kami terus berupaya untuk meningkatkan kuota haji bagi masyarakat Kukar," pungkasnya. (adv)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait