Bravo 13
76 Desa di Kukar Raih Status Mandiri, Bupati Edi Damansyah Berikan Apresiasi TinggiBupati Edi Damansyah mengapresiasi komitmen kepala desa dan sinergi dengan Pemkab Kukar dalam mewujudkan desa-desa mandiri.
Oleh Handoko4 months ago
76 Desa di Kukar Raih Status Mandiri, Bupati Edi Damansyah Berikan Apresiasi Tinggi
Bupati Kukar, Edi Damansyah, saat Apel BBGRM XXI Tingkat Kukar 2024 di Kembang Janggut, Sabtu, 11 Mei 2024. (Handoko/bravo13.id)

BRAVO.13, Kembang Janggut - Edi Damansyah, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para kepala desa atas komitmen dan kerja kerasnya dalam mewujudkan pembangunan di wilayah desa. Hal ini disampaikannya terkait dengan pencapaian luar biasa di mana 76 dari 193 desa di Kukar telah mencapai status desa mandiri, berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM).

"Saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kepala desa. Dari 193 desa yang ada di Kutai Kartanegara, 76 desa termasuk kategori desa mandiri. Sangat luar biasa komitmen kepala desa dalam rangka penyelenggaraan dan pembangunan di wilayah desanya," ujar Edi Damansyah, saat Apel Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XXI Tingkat Kabupaten Kukar Tahun 2024 di Kembang Janggut, Sabtu, 11 Mei 2024.

Pencapaian ini merupakan hasil dari sinergi dan kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah, perangkat desa, dan masyarakat. Berbagai program dan kebijakan yang diluncurkan oleh Pemkab Kukar, seperti Kukar Idaman, terbukti efektif dalam mendorong kemajuan desa-desa di Kukar.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Kukar, Arianto, lonjakan signifikan status desa mandiri di Kukar terjadi sejak tahun 2022. Pada tahun 2022, terdapat 40 desa yang beralih status menjadi desa mandiri, dan di tahun 2023, jumlahnya bertambah menjadi 30 desa.

"Peningkatan ini didorong oleh berbagai faktor, salah satunya adalah identifikasi permasalahan di desa dan pemberian dukungan yang tepat sasaran. Kami juga mendorong desa untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada dan membantu desa dalam menjalankan kewenangannya," jelas Arianto.

Salah satu program yang berkontribusi besar dalam peningkatan status desa mandiri di Kukar adalah kerjasama dengan Bank Kaltimtara untuk menjadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai agen Bank Kaltimtara. Hal ini memungkinkan desa untuk melakukan transaksi keuangan dan meningkatkan perekonomian desa.

"Kerjasama dengan Bank Kaltimtara ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi indikator ketahanan ekonomi desa. Dengan menjadi agen Bank Kaltimtara, BUMDes dapat menyediakan layanan keuangan kepada masyarakat desa dan meningkatkan perekonomian desa," tambah Arianto.

Keberhasilan ini merupakan bukti nyata komitmen Pemkab Kukar dalam mewujudkan desa-desa yang maju, mandiri, dan sejahtera. Dengan terus bersinergi dan berkolaborasi, Pemkab Kukar optimis dapat mencapai targetnya untuk menjadikan seluruh desa di Kukar sebagai desa mandiri. (adv)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait