Bravo 13
Red Sparks, Tim Voli Putri Indonesia yang Berjaya di KoreaRed Sparks, tim voli putri Indonesia yang berjaya di Korea, siap berjuang di babak playoff. Mega, bintang tim, berbagi kisah inspiratifnya.
Oleh Puji Tri6 months ago
Red Sparks, Tim Voli Putri Indonesia yang Berjaya di Korea
Potret Megawati, Bintang Tim Red Sparks. (Foto: instagram/red__sparks)

BRAVO13.ID, Samarinda - Sambutan, 7 Maret 2024 - Red Sparks, tim voli putri yang berlaga di Liga Voli Putri Korea, telah memastikan tiket ke babak playoff. Tim yang bermarkas di kota Sambutan, Kalimantan Timur, ini merupakan satu-satunya tim asing yang berkompetisi di liga tertinggi voli putri Korea.

Red Sparks berhasil lolos ke babak playoff setelah tim rivalnya, IBK Altos, kalah dari Pink Spiders pada laga yang berlangsung Selasa (5/3). Kekalahan itu membuat IBK Altos tak akan bisa menyamai poin Red Sparks. Saat ini IBK Altos memiliki 46 poin. Dengan tiga laga tersisa, tim asal kota Hwaseong itu hanya bisa meraih 55 poin. Sedangkan Red Sparks sudah mengoleksi 58 poin.

Red Sparks sendiri sedang peringkat ketiga dan tidak akan terlempar lagi dari zona empat besar. Seandainya melorot ke peringkat keempat pada klasemen akhir nanti, posisinya masih aman. GS Caltex yang duduk di peringkat keempat, masih bisa menggeser Red Sparks. Mereka punya 51 poin dan jika menang terus dengan maksimal, poinnya bisa jadi 59. Tentu, Megawati Hangestri Pertiwi dan rekan-rekannya juga punya peluang untuk mempertahankan posisinya dari tiga laga yang tersisa.

Megawati, Bintang Tim Red Sparks

Salah satu pemain kunci yang membawa Red Sparks ke babak playoff adalah Megawati Hangestri Pertiwi. Pemain yang akrab disapa Mega ini merupakan kapten sekaligus pemain terbaik Red Sparks. Mega berposisi sebagai opposite spiker, yang bertugas sebagai penyerang utama tim.

Mega merupakan salah satu pemain voli putri Indonesia yang berbakat. Ia pernah membela tim nasional Indonesia di berbagai ajang internasional, seperti SEA Games, Asian Games, dan Piala Asia. Mega juga pernah meraih penghargaan sebagai pemain terbaik di Proliga Indonesia tahun 2022.

Mega bergabung dengan Red Sparks pada tahun 2023, setelah mendapat tawaran dari manajemen tim. Ia mengaku tertarik untuk bermain di Korea karena ingin mengasah kemampuannya dan menambah pengalaman. "Saya senang bisa bermain di Korea, karena liga voli putri di sini sangat kompetitif dan berkualitas. Saya juga bisa belajar banyak dari pemain-pemain Korea yang hebat," ujar Mega.

Jadwal Playoff Liga Voli Putri Korea

Menurut jadwal yang dilansir dari Naver¹, apabila tim di peringkat keempat ikut dalam playoff maka pertandingan akan dimulai pada 20 Maret. Pertandingan antara tim peringkat ketiga dan keempat itu disebut dengan semifinal playoff dan hanya berlangsung satu kali.

Namun, jika tim peringkat keempat tidak lolos playoff karena berjarak lebih dari tiga poin dari tim peringkat ketiga, maka fase menuju babak final akan dimulai pada 22 Maret. Nantinya, laga itu bakal mempertemukan tim peringkat kedua dengan tim peringkat ketiga.

Setelahnya, para pemenang tersebut akan menghadapi laga final kontra tim peringkat pertama di musim reguler. Duel bertajuk championship match ini rencananya bakal berlangsung pada 28 Maret hingga 5 April.

Red Sparks berharap bisa meraih gelar juara Liga Voli Putri Korea untuk pertama kalinya. Tim ini juga ingin membuat sejarah sebagai tim asing pertama yang menjuarai liga voli putri Korea. "Kami akan berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan playoff. Kami ingin membuktikan bahwa kami bisa bersaing dengan tim-tim Korea yang kuat," kata Mega.

Red Sparks juga mendapat dukungan dari para penggemar voli putri di Indonesia. Mereka berharap Red Sparks bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. "Kami bangga dengan Red Sparks, terutama dengan Mega dan pemain Indonesia lainnya. Kami akan terus mendukung mereka dari jauh. Semoga Red Sparks bisa juara," ujar Rina, salah satu penggemar voli putri Indonesia. (*)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait