Bravo 13
Kevin Sanjaya Sukamuljo, Si Anak Hilang PBSIKevin Sanjaya Sukamuljo, pebulutangkis nomor satu dunia, masih belum kembali ke Pelatnas PBSI. Apakah ia akan meninggalkan pasangannya, Marcus?
Oleh Handoko6 months ago
Kevin Sanjaya Sukamuljo, Si Anak Hilang PBSI
Potret Minions memenangkan Badminton Open Saarbrucken. (Foto: instagram/kevin_sanjaya)

BRAVO13.ID, Samarinda - Kevin Sanjaya Sukamuljo, salah satu pebulutangkis terbaik Indonesia, masih belum menunjukkan batang hidungnya di Pelatnas PBSI. Padahal, ia sudah dipanggil oleh federasi untuk kembali berlatih bersama rekan-rekannya. Apa yang sebenarnya terjadi dengan Kevin? Apakah ia akan meninggalkan Pelatnas dan pasangannya, Marcus Fernaldi Gideon?

Kevin dan Marcus, yang dikenal dengan julukan Minions, adalah pasangan ganda putra nomor satu dunia. Mereka telah meraih berbagai gelar bergengsi, seperti All England, Kejuaraan Dunia, dan Piala Thomas. Namun, sejak November 2023, mereka tidak pernah bermain bersama lagi.

Hal ini disebabkan oleh cedera tumit yang dialami oleh Marcus, yang membuatnya harus menjalani operasi dan pemulihan. Kevin pun dipasangkan dengan pemain lain, seperti Rahmat Hidayat dan Muhammad Rayhan Nur Fadillah, dalam beberapa turnamen internasional.

Namun, sejak awal tahun 2024, Kevin tidak pernah muncul di Pelatnas PBSI. Ia dikabarkan sedang menemani istrinya yang sedang hamil. Meski sudah dipanggil oleh PBSI melalui surat keputusan (SK), Kevin masih belum memberi kepastian kapan ia akan kembali berlatih.

Duet Maut Minions (Foto: instagram/kevin_sanjaya)

Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta mengatakan bahwa PBSI sudah menyiapkan atlet pengganti Kevin, jika ia memutuskan keluar dari Pelatnas. "Saya kira soal penggantian itu, kuota kita siapkan dari yang baru-baru. Jadi yang dari bawah (Pratama) yang naik (andai Kevin keluar Pelatnas)," katanya saat ditanya pewarta terkait potensi mengganti Kevin.

Alex menambahkan bahwa PBSI masih menunggu klarifikasi dari Kevin terkait statusnya. Ia mengatakan bahwa PBSI melalui Bidang Prestasi (Binpres) yang baru akan melakukan langkah kepastian bagaimana Kevin selanjutnya. "Jadi kita masih tunggu, ini baru diangkat Binpres baru Ricky Soebagja. Itu sudah ada pembicaraan Ricky akan panggil Kevin untuk memastikan statusnya. Jadi bisa memutuskan terkait ke depan terkait pasangannya, Gideon," tuturnya.

Sementara itu, pelatih ganda putra PBSI Aryono Miranat mengaku belum tahu kapan Kevin akan kembali berlatih. Ia mengatakan bahwa Kevin masih libur latihan dan belum memberi kabar. "Dalam SK pemanggilan, Kevin termasuk yang dipanggil. Tapi sampai saat ini, dia bisa disebut belum maksimal datang," ujarnya.

Kehadiran Kevin di Pelatnas tentu sangat dinantikan oleh para penggemar bulutangkis Indonesia. Pasalnya, Kevin dan Marcus merupakan andalan Indonesia untuk meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024. Namun, dengan kondisi yang tidak jelas seperti ini, apakah Kevin masih berminat untuk membela Merah Putih? Ataukah ia akan mengambil jalan lain yang lebih menguntungkan bagi dirinya? (*)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait