Bravo 13
Berjuang di French Open 2024, Ini Harapan Wakil IndonesiaDi hari kedua French Open 2024, tujuh wakil Indonesia siap berlaga. Mereka punya harapan dan tantangan masing-masing di turnamen bulutangkis ini.
Oleh Handoko6 months ago
Berjuang di French Open 2024, Ini Harapan Wakil Indonesia
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi salah satu yang main di French Open 2024 hari ini. (Foto: PBSI)

BRAVO13.ID, Samarinda - Turnamen bulutangkis French Open 2024 memasuki hari kedua penyelenggaraan pada Rabu (6/3/2024). Sebanyak tujuh wakil Indonesia yang belum berlaga di babak pertama siap bertanding untuk memperebutkan tiket babak kedua.

Salah satu yang paling ditunggu adalah aksi pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. The Daddies, julukan mereka, akan menghadapi ganda putra Prancis Lucas Corvee/Ronan Labar di lapangan dua Arena Porte de la Chapelle.

Hendra/Ahsan merupakan unggulan ketiga di turnamen ini. Mereka berharap bisa mengulangi prestasi tahun lalu, saat mereka berhasil menjadi juara French Open 2023.

"Kami sudah siap untuk bermain di sini. Kami ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia," kata Hendra dalam wawancara dengan Kompas.com sebelum pertandingan.

Selain Hendra/Ahsan, satu pasangan ganda putra lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, juga akan berjuang demi lolos ke fase selanjutnya di lapangan yang sama. FajRi, akronim Fajar/Rian, akan bersua ganda Inggris Ben Lane/Sean Vendy di match kedelapan.

FajRi merupakan unggulan ketujuh di turnamen ini. Mereka mengaku tidak meremehkan lawan-lawan mereka, meski mereka lebih diunggulkan.

"Kami harus tetap fokus dan tidak lengah. Lawan-lawan kami pasti akan bermain habis-habisan. Kami harus siap menghadapi segala kemungkinan," ujar Fajar.

Revans The Babies

Di lapangan berbeda atau Court 3, sebanyak tiga wakil Indonesia juga akan bersaing memperebutkan tiket 16 besar French Open 2024 pada hari ini. Salah satunya adalah ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

The Babies, julukan mereka, akan menghadapi Ching Yao Lu/Po Han Yang (Taiwan) di match ketujuh. Laga ini menjadi kesempatan mereka untuk merevans kekalahan-kekalahan sebelumnya dari ganda putra peringkat 26 BWF itu.

"Kami sudah tiga kali kalah dari mereka. Kami ingin membalas dendam di sini. Kami sudah belajar dari kesalahan-kesalahan kami dan berlatih lebih keras. Kami yakin kami bisa menang kali ini," kata Leo.

Ada pula ganda putri Meilysa Trias P/Rachel Allessya Rose yang akan meladeni Baek Ha Na/Lee So Hee, pasangan yang menempati seeded kedua di French Open ini. Meilysa/Rachel mengaku tidak gentar menghadapi lawan yang lebih berpengalaman.

"Kami tidak takut. Kami malah senang bisa bermain melawan pasangan yang kuat. Ini menjadi tantangan dan motivasi bagi kami untuk bermain lebih baik. Kami akan berusaha maksimal dan menikmati pertandingan," kata Meilysa.

Sementara itu, Chico Aura Dwi Wardoyo akan menjadi satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia yang bermain hari ini. Kemarin, dua rekannya, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, telah melakukan perjuangannya lebih dulu.

Chico akan berhadapan dengan Kodai Naraoka (Jepang), unggulan keenam di turnamen ini. Chico mengaku siap menghadapi lawannya yang lebih diunggulkan.

"Saya sudah siap mental dan fisik. Saya sudah pernah bermain melawan dia sebelumnya, jadi saya tahu kelebihan dan kekurangannya. Saya akan bermain sesuai strategi yang sudah disiapkan pelatih," kata Chico.

Harapan Indonesia

Selain tujuh wakil yang bermain hari ini, Indonesia masih memiliki harapan lain di French Open 2024. Di sektor ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati akan berlaga di lapangan 4.

Rehan/Lisa akan menghadapi Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang), unggulan kedua di turnamen ini. Rehan/Lisa merupakan pasangan muda yang baru saja meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia Junior 2023.

"Kami senang bisa bermain di turnamen level super 1000 ini. Kami ingin menunjukkan kemampuan kami di level senior. Kami tidak mau kalah tanpa perlawanan. Kami akan berjuang sampai titik darah penghabisan," kata Rehan.

Di sektor ganda putra, ada pula Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang akan bermain di lapangan 3. Mereka akan menghadapi Lee Jhe-Huei/Yang Po Hsuan (Taiwan) di match TBA.

Bagas/Fikri merupakan pasangan baru yang baru saja dipasangkan oleh PBSI. Mereka berharap bisa menjalin chemistry yang baik di lapangan.

"Kami baru berpasangan sejak awal tahun ini. Kami masih perlu banyak belajar dan beradaptasi satu sama lain. Kami berharap bisa memberikan penampilan yang memuaskan di turnamen ini," kata Bagas.

Berikut Jadwal French Open 2024 untuk wakil Indonesia

Lapangan 2, mulai pukul 16.00 WIB

Match 6

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Lucas Corvee/Ronan Labar

Match 8

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (7) vs Ben Lane/Sean Vendy

Lapangan 3, mulai pukul 16.10 WIB

Match 7

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Lu Ching Yao/Yang Po Han

Match 8

Meilysa Trias P/Rachel Allessya Rose vs Baek Ha Na/Lee So Hee (2)

TBA

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Lee Jhe-Huei/Yang Po Hsuan

Lapangan 4, mulai pukul 16.10 WIB

Match 7

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (2)

Match 9

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Kodai Naraoka (6). (*)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait