Bravo 13
Nova Arianto: Pelatih yang Berani Mengadu ke Shin Tae-yongNova Arianto mengungkapkan keluh kesahnya sebagai pelatih timnas U-16 Indonesia kepada Shin Tae-yong, pelatih kepala timnas Indonesia.
Oleh Handoko6 months ago
Nova Arianto: Pelatih yang Berani Mengadu ke Shin Tae-yong
Nova Arianto mengungkapkan keluh kesahnya sebagai pelatih timnas U-16 Indonesia kepada Shin Tae-yong. ( Foto: instagram/novarianto30)

BRAVO13.ID, Samarinda - Nova Arianto tidak mau diam. Pelatih timnas U-16 Indonesia ini langsung melaporkan sejumlah masalah yang ditemukannya ke Shin Tae-yong, pelatih kepala timnas Indonesia.

Nova Arianto bertemu dengan Shin Tae-yong di Jakarta, Rabu (28/2/2024). Ini adalah pertemuan pertama mereka sejak Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih kepala timnas Indonesia pada Januari 2024.

Nova Arianto mengaku membahas masalah timnas U-16 Indonesia, yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Piala Asia U-16 2024 di Uzbekistan. Nova Arianto mengeluhkan kurangnya dukungan dari PSSI dan klub-klub Liga 1.

"Kami kesulitan mendapatkan pemain-pemain terbaik dari klub-klub Liga 1. Mereka tidak mau melepas pemainnya untuk bergabung dengan timnas U-16 Indonesia. Padahal, kami butuh waktu yang cukup untuk membentuk tim yang solid dan kompetitif," kata Nova Arianto.

Nova Arianto juga membahas masalah timnas U-23 Indonesia dan senior, yang juga berada di bawah kendali Shin Tae-yong. Nova Arianto berharap Shin Tae-yong bisa memberikan arahan dan bimbingan kepada para pelatih timnas Indonesia.

"Coach Shin adalah pelatih yang berpengalaman dan berkualitas. Kami ingin belajar banyak dari beliau. Kami juga ingin ada sinergi dan koordinasi yang baik antara timnas U-16, U-23, dan senior. Kami ingin timnas Indonesia bisa berprestasi di level Asia dan dunia," ujar Nova Arianto.

Nova Arianto pelatih timnas U-16 Indonesia . ( Foto: instagram/novarianto30)

Shin Tae-yong sendiri tampak antusias dengan pertemuan ini. Pelatih asal Korea Selatan ini mengunggah momen dirinya tiba di Jakarta dan langsung berdiskusi dengan Nova Arianto di akun media sosialnya.

"Senang bisa bertemu dengan Nova Arianto, pelatih timnas U-16 Indonesia. Kami membahas banyak hal tentang timnas Indonesia. Saya kagum dengan semangat dan dedikasi beliau. Saya akan memberikan dukungan penuh kepada beliau dan timnas U-16 Indonesia," tulis Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga berjanji akan menyelesaikan masalah pemanggilan pemain untuk timnas U-23 Indonesia, yang juga akan berlaga di Piala Asia U-23 2024 di Thailand. Shin Tae-yong mengaku sudah berkomunikasi dengan klub-klub Liga 1 untuk meyakinkan mereka agar mau melepas pemainnya.

"Saya mengerti bahwa klub-klub Liga 1 juga punya kepentingan dan target mereka sendiri. Tapi, saya harap mereka juga bisa mengutamakan kepentingan timnas Indonesia. Timnas U-23 Indonesia adalah masa depan timnas senior. Mereka perlu mendapatkan pengalaman dan jam terbang yang tinggi di level internasional," ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong berharap bisa membawa perubahan positif bagi timnas Indonesia. Shin Tae-yong ingin timnas Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara Asia lainnya, seperti Jepang, Korea Selatan, Iran, dan Australia.

"Saya datang ke Indonesia dengan misi untuk membangun timnas Indonesia yang kuat dan disegani. Saya tidak akan menjanjikan hasil instan, tapi saya akan bekerja keras dan profesional. Saya percaya timnas Indonesia punya potensi dan talenta yang besar. Saya akan menggali dan mengembangkan potensi itu," tandas Shin Tae-yong. (*)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait