Bravo 13
Mimpi Vietnam untuk dapatkan tiket Piala Dunia 2026: Antara Harapan dan KekhawatiranVietnam berambisi lolos ke Piala Dunia 2026, tapi harus mengatasi masalah mental dan fisik serta menghadapi tantangan dari Indonesia.
Oleh Handoko7 months ago
Mimpi Vietnam untuk dapatkan tiket Piala Dunia 2026: Antara Harapan dan Kekhawatiran
merasa khawatir dengan kondisi The Golden Stars jelang lawan Timnas Indonesia dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (Foto: instagram/vietnam.football)

BRAVO13.ID - Samarinda Vietnam, negara yang belum pernah merasakan atmosfer Piala Dunia, kini berada di ambang pintu menuju babak kualifikasi final. Namun, mimpi itu tidak mudah diwujudkan. Ada banyak rintangan yang harus dihadapi, termasuk dua laga melawan Indonesia, yang juga mengincar tiket ke babak berikutnya.

Salah satu rintangan terbesar yang menghantui Vietnam adalah kondisi mental tim yang sedang menurun. Pasalnya, The Golden Stars baru saja mengalami kekecewaan di Piala Asia 2023, di mana mereka gagal lolos dari fase grup. Kekalahan dari Korea Selatan dan Qatar membuat Vietnam tersingkir dengan hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan.

Pakar sepak bola Vietnam, Doan Minh Xuong, mengatakan bahwa hasil minor di Piala Asia 2023 berdampak negatif pada moral pemain Vietnam. Ia khawatir bahwa pemain akan kehilangan motivasi dan konsentrasi untuk menghadapi dua laga penting melawan Indonesia.

"Saya khawatir karena moral tim sedang turun. Para pemain akan beristirahat untuk Tahun Baru Imlek, lalu kembali ke Liga Vietnam untuk beberapa pertandingan, dan kemudian berkumpul dengan tim lagi untuk mempersiapkan dua pertandingan melawan Indonesia," kata Minh Xuong dikutip dari Vietnam Express¹.

Minh Xuong juga menyoroti masalah fisik dan teknik yang dihadapi Vietnam. Ia menilai bahwa jadwal yang landai akan membuat kondisi pemain menurun. Selain itu, ia juga meragukan kemampuan pemain muda yang dipercaya pelatih Philippe Troussier untuk menggantikan pemain senior yang cedera atau pensiun.

"Saya pikir akan ada banyak pemain yang kehilangan bentuk dan cedera. Pemain muda, seperti yang disebutkan, tidak cukup dewasa untuk bermain persegi dengan lawan," ujar Minh Xuong.

Namun, Minh Xuong tidak menutup kemungkinan bahwa Vietnam bisa tampil apik dan meraih kemenangan di laga kontra Indonesia. Ia berharap bahwa Troussier bisa memperbaiki masalah yang ada dan membangkitkan semangat juang tim.

"Saya rasa, jika kita bisa memperbaiki masalah tersebut, Vietnam masih akan mampu mengalahkan Indonesia untuk masuk ke babak kualifikasi final kualifikasi Piala Dunia. Jika Troussier gagal, dia pasti harus pergi," tutur Minh Xuong.

Vietnam akan menghadapi Indonesia sebanyak dua kali dalam Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan pertama akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 21 Maret 2024, sedangkan pertandingan kedua akan berlangsung di Stadion Nasional My Dinh pada 26 Maret 2024.

Saat ini, Vietnam berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan raihan 11 poin dari lima pertandingan. Vietnam hanya tertinggal dua poin dari pemimpin grup, Uni Emirat Arab. Sementara itu, Indonesia berada di posisi ketiga dengan koleksi 10 poin dari enam pertandingan.

Hanya dua tim teratas yang akan lolos ke babak kualifikasi final. Oleh karena itu, dua laga melawan Indonesia akan menentukan nasib Vietnam dalam perburuan tiket ke Piala Dunia 2026. Apakah Vietnam bisa mewujudkan mimpi mereka, ataukah Indonesia akan menjadi penghambatnya? (*)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait