Bravo 13
Munguia Siap Tantang Canelo, Duel Sengit Petinju Meksiko di Ambang PintuDua petinju Meksiko, Saul Canelo Alvarez dan Jaime Munguia, berpotensi bertarung di kelas menengah super. Siapa yang akan menjadi raja?
Oleh Handoko7 months ago
Munguia Siap Tantang Canelo, Duel Sengit Petinju Meksiko di Ambang Pintu
Potret Munguia bertanding di ring dan menantang canelo (Foto: instagram/jaimemunguiaoficial)

BRAVO13.ID - Samarinda Sebuah pertarungan yang dinanti-nantikan oleh para penggemar tinju di seluruh dunia mungkin akan segera terwujud. Saul Canelo Alvarez, juara tak terbantahkan kelas menengah super, dan Jaime Munguia, mantan penantang gelar WBO kelas menengah junior, sedang dalam pembicaraan untuk mengadakan duel sengit di Meksiko.

Menurut laporan BoxingScene¹, tim Munguia telah melakukan negosiasi yang signifikan dengan Canelo terkait pertarungan tersebut. Munguia, yang berasal dari Tijuana, baru saja mencatatkan kemenangan KO atas John Ryder, petinju Inggris, pada 27 Januari lalu. Dengan rekor 43-0 (34 KO), Munguia mengaku termotivasi untuk menghadapi Canelo, yang dianggap sebagai petinju terbaik di dunia saat ini.

"Saya termotivasi untuk laga berikutnya; itu akan lebih baik dari laga ini, dan itu akan menjadi lebih besar," kata Munguia setelah mengalahkan Ryder. "Kami menginginkan yang terbaik dari yang terbaik di kelas 76,2 Kg. Kami akan menjadi Juara Dunia."

"Ini akan menjadi pertarungan yang hebat di antara orang-orang Meksiko, dan jika Canelo memberi kami kesempatan, akan menjadi sebuah kehormatan untuk berbagi ring dengannya."

Canelo, yang berasal dari Guadalajara, belum mengumumkan lawan berikutnya setelah menyapu bersih gelar-gelar kelas menengah super pada tahun 2023. Ia mengalahkan Billy Joe Saunders, Caleb Plant, dan David Benavidez dalam pertarungan-pertarungan yang menarik jutaan penonton. Canelo memiliki rekor 60-2-2 (39 KO) dan dijuluki sebagai "wajah tinju" oleh media-media olahraga.

Spekulasi yang beredar di industri ini adalah bahwa Canelo akan tampil pada tanggal 4 Mei di Las Vegas, meskipun belum ada pemberitahuan resmi tentang acara yang dirumorkan tersebut. Pembicaraan dengan Munguia menempatkan Canelo pada posisi yang memungkinkan untuk memasuki pertarungan pertamanya dengan petinju yang berafiliasi dengan Golden Boy Promotions sejak perpisahannya dengan organisasi yang berbasis di California itu pada tahun 2020.

Munguia dipromotori oleh Zanfer Boxing dan Golden Boy, yang juga pernah menaungi Canelo sebelum ia memutuskan untuk menjadi agen bebas pada tahun 2020. Canelo secara teknis masih berstatus sebagai agen bebas meskipun secara luas dilaporkan bahwa ia telah menandatangani perjanjian multi-pertarungan dengan Premier Boxing Champions (PBC) pada musim panas lalu.

Boxing Scene telah mengetahui bahwa meskipun pembicaraan antara dua bintang terbesar Meksiko saat ini telah berjalan dengan sangat produktif, namun masih dalam tahap awal. Sebuah keputusan mengenai hal tersebut diperkirakan tidak akan muncul dalam beberapa hari kedepan, terutama pada hari Selasa ketika Canelo akan mengungkapkan "sebuah pengumuman karir yang penting" dalam sebuah wawancara eksklusif di TV Azteca di negara asalnya, Meksiko.

Jika pertarungan ini terwujud, maka ini akan menjadi salah satu duel terbesar dalam sejarah tinju Meksiko, yang telah melahirkan banyak legenda seperti Julio Cesar Chavez, Juan Manuel Marquez, Marco Antonio Barrera, Erik Morales, dan banyak lagi. Pertarungan ini juga akan menjadi tantangan terberat bagi kedua petinju, yang sama-sama memiliki kecepatan, kekuatan, dan teknik yang luar biasa.

Apakah Canelo akan mampu mempertahankan gelar-gelarnya dan menegaskan dominasinya di kelas menengah super? Ataukah Munguia akan mampu menciptakan kejutan dan merebut mahkota dari sang juara? Pertanyaan-pertanyaan ini akan terjawab jika pertarungan ini benar-benar terjadi. Satu hal yang pasti, pertarungan ini akan menjadi tontonan yang menghibur dan menegangkan bagi para penggemar tinju di seluruh dunia. (*)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait