Bravo 13
Jay Idzes, Pemain Naturalisasi yang Siap Berbakti untuk Timnas IndonesiaDari Eindhoven ke Venezia, Jay Idzes mengejar mimpi sepak bola dan cinta Indonesia. Kini, ia siap beraksi bersama Timnas Indonesia.
Oleh Handoko7 months ago
Jay Idzes, Pemain Naturalisasi yang Siap Berbakti untuk Timnas Indonesia
Potret Jay Idzes berharap bisa menjadi bagian dari skuad yang diturunkan oleh pelatih Shin Tae-yong. (Foto: instagram/jayidzes)

BRAVO13.ID - Samarinda Jay Idzes adalah salah satu pemain naturalisasi yang baru saja bergabung dengan Timnas Indonesia. Pemain berdarah Indonesia-Belanda ini bermain untuk klub Venezia di Serie B Italia. Ia berharap bisa segera debut dan mencetak gol bersama Skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jay Idzes lahir di Eindhoven, Belanda, pada 8 Januari 2001. Ia memiliki ayah asal Indonesia dan ibu asal Belanda. Sejak kecil, ia sudah bercita-cita menjadi pemain sepak bola profesional. Ia mengawali karirnya di akademi PSV Eindhoven, salah satu klub raksasa di Belanda. Namun, ia tidak berhasil menembus tim utama PSV dan memutuskan untuk hijrah ke klub lain.

Pada tahun 2020, Jay Idzes mendapat tawaran dari Venezia, klub yang berlaga di Serie B Italia. Ia pun menerima tantangan tersebut dan pindah ke negeri pizza. Di sana, ia bermain sebagai gelandang bertahan yang bisa juga beroperasi sebagai bek tengah. Ia menjadi salah satu pemain andalan Venezia yang berambisi promosi ke Serie A.

Selain berkarir di klub, Jay Idzes juga memiliki impian untuk membela Timnas Indonesia. Ia mengaku sudah lama ingin bermain untuk negara asal ayahnya. Ia pun mengikuti proses naturalisasi yang berlangsung sejak tahun 2023. Pada 28 Desember 2023, ia resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

"Saya sangat senang, semua berjalan dengan cepat. Aku sangat berterima kasih dan aku sangat senang bisa ada di sini dan akhirnya aku bisa menggunakan jersey ini dan perlengkapannya. Jadi aku sangat tidak sabar," kata Jay Idzes dikutip dari Instagram resmi Timnas Indonesia.

Meski sudah menjadi WNI, Jay Idzes belum bisa langsung bermain untuk Timnas Indonesia. Ia masih harus menunggu izin dari FIFA untuk berganti kewarganegaraan sepak bola. Selain itu, ia juga harus pulih dari masalah kesehatan yang ia alami. Pada November 2023, ia mengalami penyumbatan pada pembuluh darah vena-nya yang membuatnya harus menjalani operasi.

"Tujuan pertamaku adalah kembali bugar dan aku berharap dapat bergabung dengan Timnas Indonesia di bulan Maret atau Juni. Mereka akan bermain di Kualifikasi Piala Dunia dan setelah itu, bermain untuk menit pertamaku, mencetak gol pertamaku, membuat debutku. Itu semua adalah mimpi dan aku berharap bisa menggapai mimpi itu," ujarnya.

Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangan mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret 2024. Skuad Garuda akan menghadapi Vietnam di dua laga kandang-tandang. Pertandingan pertama akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 21 Maret 2024. Pertandingan kedua akan berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi, pada 26 Maret 2024.

Jay Idzes berharap bisa menjadi bagian dari skuad yang diturunkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Ia ingin membuktikan bahwa ia pantas dipanggil dan berbakti untuk Timnas Indonesia. Ia juga ingin mengikuti jejak pemain naturalisasi lain yang sudah lebih dulu sukses bersama Skuad Garuda, seperti Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, dan Beto Goncalves.

"Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Saya ingin memberikan yang terbaik untuk negara ini dan para pendukungnya. Saya juga ingin belajar dari pemain-pemain senior yang sudah banyak pengalaman. Saya yakin Timnas Indonesia bisa berprestasi di level internasional," tuturnya.

Jay Idzes adalah salah satu contoh dari pemain naturalisasi yang memiliki komitmen dan dedikasi tinggi untuk Timnas Indonesia. Ia tidak hanya mengandalkan bakat, tetapi juga kerja keras dan semangat juang. Ia adalah aset berharga bagi Timnas Indonesia yang sedang berbenah untuk meraih mimpi bersama. (*)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait