Bravo 13
Puncak Samarinda, Bukit Indah yang Menyuguhkan Negeri di Atas AwanBukan mimpi, bukan khayalan. Puncak Samarinda bak tempat di mana langit dan bumi bersatu. Dihiasi dinginnya kabut, indahnya awan, dan hijaunya alam.
Oleh Handoko8 months ago
Puncak Samarinda, Bukit Indah yang Menyuguhkan Negeri di Atas Awan
Pemandangan dari Puncak Samarinda di bagian utara Ibu Kota Kaltim. (dok. bravo13.id)

BRAVO13.ID, Samarinda - Sebagai ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Samarinda memiliki banyak pesona wisata menarik. Salah satunya Puncak Samarinda, sebuah bukit yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan kabut-kabut putih menyerupai awan, menghampar di atas pepohonan dan kebun-kebun di bawahnya. Suara burung dan deru jangkrik menambah suasana semakin nyaman.

Puncak Samarinda terletak di Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, sekitar 260 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tempat ini cocok bagi Anda yang senang berwisata alam atau hobi mendaki gunung.

Selain Puncak Samarinda, ada beberapa destinasi lain yang bisa dikunjungi di sekitarnya. Salah satunya adalah Air Terjun Berambai, sebuah air terjun bertingkat yang memiliki panjang 2 kilometer dan tinggi 4 meter. Air terjun ini sangat dekat lokasi perkemahan dan sering menjadi tempat mandi atau bermain air bagi para pengunjung. Suasana alam sekitar air terjun sangat hijau dan asri.

Destinasi lain yang tak kalah menarik adalah Gua Kelelawar, sebuah gua yang menjadi tempat bersarangnya banyak kelelawar. Gua ini memiliki keunikan tersendiri karena hanya gua ini yang disinggahi oleh kelelawar di antara beberapa gua lain di sekitar lokasi wisata. Untuk mencapai gua ini, pengunjung harus melewati jalan setapak dan hutan belantara.

Untuk menuju Puncak Samarinda, Anda bisa melewati rute yang berbeda. Salah satunya bisa melewati daerah sekitar Bandara Internasional APT Pranoto di Sungai Siring Kalimantan Timur. Anda bisa menggunakan berbagai jenis transportasi bahkan transportasi online. Meskipun jalannya kurang bagus, namun baik mobil maupun motor masih bisa melewati jalan dengan mudah.

Harga tiket masuk menuju Puncak Samarinda sangat terjangkau, yaitu hanya 10 ribu rupiah untuk setiap orangnya. Bagi Anda yang akan berkemah, wajib membayar kembali 50 ribu rupiah untuk tenda dan sebagainya. Walaupun memiliki harga yang ekonomis, lokasi wisata ini masih belum dikunjungi oleh banyak wisatawan. Kurangnya wisatawan dikarenakan tidak adanya renovasi modern terhadap Puncak ini.

Meski begitu, Puncak Samarinda tetap menjadi salah satu destinasi wisata alam yang layak dikunjungi. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi berbeda dari menikmati indahnya alam dari atas puncak. Anda juga bisa belajar menghargai dan menjaga alam yang telah diberikan Tuhan. Puncak Samarinda, sebuah negeri di atas awan yang menanti untukAndasaksikan. (*)

Dapatkan informasi dan insight pilihan bravo13.id

Berita Terkait